Memikirkan untuk menambahkan ruangan baru di rumah Anda, tetapi belum yakin tentang cara terbaik untuk memanaskan dan mendinginkan ruang tersebut? Sistem HVAC tanpa saluran udara mungkin menjadi opsi pemasangan yang paling efisien secara biaya untuk tambahan Anda sambil membantu mengurangi biaya energi dalam jangka panjang./ service ac surabaya timur

Sistem HVAC tradisional, kecuali HVAC tanpa saluran udara, mengandalkan serangkaian tabung yang menjalankan udara panas atau dingin dari unit luar ke ruangan dalam rumah (dikenal sebagai saluran udara) untuk berpindah. Umumnya, rumah-rumah tinggal memiliki saluran udara yang kaku yang terbuat dari lembaran logam, tetapi saluran juga dapat terbuat dari papan serat atau dilapisi dengan fiberglass.

Saluran udara fleksibel adalah opsi lain bagi pemilik rumah, dan saluran ini terbentuk dengan kombinasi gulungan kawat logam dan pelapis plastik yang dapat dibentuk. Masalah seperti kemampuan meredam kebisingan, daya tahan, tingkat ketahanan terhadap jamur, kemudahan perawatan, dan biaya keseluruhan sering menentukan jenis saluran yang digunakan.

Setelah saluran udara terpasang bersamaan dengan sistem HVAC tradisional, biasanya saluran tersebut bertahan selama 10-15 tahun sebelum masalah muncul. Meskipun demikian, perawatan dan pemeriksaan reguler disarankan.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, ini sebaiknya dilakukan pada awal setiap musim pemanasan atau pendinginan untuk melindungi pemilik rumah dari keracunan karbon monoksida. Pembersihan saluran udara juga sebaiknya dilakukan sesuai kebutuhan. Selain pembersihan dan perawatan, saluran ini jarang dipikirkan.

Ketika memasang tambahan baru di rumah, ketiadaan saluran udara menjadi alasan untuk khawatir. Banyak orang bertanya-tanya bagaimana mereka akan memanaskan dan mendinginkan ruang baru tersebut dengan efisien tanpa saluran ini.

Karena mengubah dan memperluas saluran udara yang sudah ada dalam rumah dapat mahal dan memakan waktu, sebagian besar pemilik rumah memilih untuk menghindari rute ini untuk tambahan. Sebagai gantinya, mereka memilih AC tanpa saluran udara atau sistem HVAC tanpa saluran udara yang mudah dipasang dan menawarkan efisiensi energi yang lebih baik.

Apa itu Sistem HVAC Tanpa Saluran Udara?

Sistem HVAC tanpa saluran udara, atau mini-split, adalah sistem pemanasan dan pendinginan yang tidak mengandalkan satu blower dan saluran udara tradisional di seluruh rumah untuk membawa udara panas atau dingin ke area terpisah.

Sebaliknya, blower individual dipasang pada dinding interior setiap ruangan. Unit ini kemudian terhubung secara individual ke satu unit kondensasi luar menggunakan saluran pendingin. Hal ini memungkinkan pengendalian suhu yang lebih personal di setiap ruang tinggal dan menghilangkan kebutuhan untuk instalasi saluran udara yang mahal di rumah-rumah lama atau area tambahan seperti ruang tambahan atau ruang tamu. Misalnya, AC tanpa saluran dapat beroperasi di satu ruangan sementara dimatikan di ruangan lain.

Bagaimana Sistem HVAC Tanpa Saluran Udara Bekerja

Sistem HVAC tanpa saluran udara menciptakan lingkungan yang nyaman untuk ruang indoor terpisah di mana menambahkan saluran udara baru mungkin tidak praktis atau mahal.

Hal ini terutama berlaku jika saluran udara dan sistem HVAC yang sudah ada relatif baru dan tidak perlu diganti dalam waktu beberapa tahun. Sistem-sistem ini memiliki dua komponen – sebuah unit luar dan sebuah unit dalam.

Unit luar yang digunakan untuk sistem mini-split tanpa saluran udara mirip dengan sistem HVAC tradisional. Perbedaan krusial antara keduanya adalah bahwa kompresor luar terhubung ke satu unit dalam dengan pengaturan HVAC tradisional, sementara terhubung ke beberapa unit dalam dengan sistem HVAC tanpa saluran udara.

Sementara sistem tradisional mengandalkan penggunaan saluran udara untuk sirkulasi udara, sistem tanpa saluran udara terhubung ke unit luar menggunakan saluran pendingin terpisah untuk setiap unit dalam.

Ini memungkinkan terjadinya siklus termodinamika. Pada dasarnya, panas dapat dipindahkan melalui sistem ini dengan cara memampatkan dan melebarkan refrigeran. Untuk pemanasan, panas dipompa dari luar ke dalam. Untuk AC tanpa saluran, panas dipindahkan dari dalam ke luar.

Karena sistem mini-split tanpa saluran udara hanya mentransfer panas daripada menciptakannya seperti yang dilakukan dengan pemanas, ini adalah opsi yang jauh lebih efisien secara energi untuk memanaskan dan mendinginkan tambahan di rumah.

Alasan untuk Berinvestasi dalam Sistem HVAC Tanpa Saluran Udara

1. Menghemat energi

Menurut ENERGY STAR, rata-rata rumah kehilangan sekitar 25 hingga 30 persen udara yang masuk ke saluran udara. Hal ini sering disebabkan oleh kebocoran, sambungan yang buruk, atau lubang.

Saluran udara untuk sistem udara sentral dan heat pump juga dapat menyia-nyiakan energi jika melewati ruang yang tidak dipanaskan atau didinginkan, seperti loteng atau ruang bawah tanah, dalam perjalanan ke tambahan baru Anda.

Karena sistem HVAC tanpa saluran udara menghindari saluran ini, mereka lebih efisien dan memungkinkan Anda mengurangi biaya energi dan jejak karbon Anda.

2. Kenyamanan yang dipersonalisasi

Sebagian besar sistem AC tanpa saluran udara dan heat pump menggunakan pengontrol nirkabel atau terkabel yang memungkinkan Anda dengan mudah mengoperasikan sistem Anda, bahkan jika unit dalam Anda dipasang di langit-langit atau dinding.

Ini berarti suhu di setiap ruangan dapat disesuaikan dengan preferensi personal penghuni di setiap ruangan. Apakah Anda lebih suka lebih hangat atau lebih dingin daripada yang lain, Sistem HVAC Tanpa Saluran Trane memungkinkan Anda meningkatkan kenyamanan dengan fungsi “I Feel.”

Fitur ini memungkinkan pengontrol membaca suhu dari lokasi tepat Anda di ruangan dan menyesuaikan pemanasan dan pendinginan untuk kenyamanan maksimal. Tidak ada lagi area panas atau zona dingin dengan HVAC tanpa saluran!

3. Adopsi fleksibilitas

Sistem tanpa saluran memberikan pemanasan dan pendinginan spot yang beroperasi secara terpisah dari sistem pusat Anda, sehingga tambahan baru Anda – baik itu kamar utama, kantor, atau ruang media – dapat sejuk atau hangat sesuai keinginan Anda.

Anda juga dapat mencocokkan dan mencampur beberapa unit dalam untuk membuat sistem multi-zona untuk kenyamanan yang disesuaikan. Berpikir untuk terus menambahkan ke ruang baru Anda nanti? Pertimbangkan menambahkan port tambahan dengan instalasi untuk menyederhanakan ekspansi di masa depan.

4. Meningkatkan kualitas udara dalam ruangan

Saluran udara yang berjalan sepanjang rumah rentan terhadap debu, kotoran, polutan, dan penumpukan jamur. Saat sistem HVAC tradisional beroperasi, iritan ini dapat dilepaskan ke udara dalam ruangan. Bagi mereka yang memiliki alergi atau asma, ini merupakan masalah yang cukup serius.

Dengan menginstal AC atau sistem HVAC tanpa saluran di tambahan rumah baru, Anda menghindari penumpukan ini. Demikian pula, HVAC tanpa saluran memiliki beberapa tingkat penyaringan, sehingga Anda dapat dengan cepat mengurangi tingkat alergen dan iritan di ruang baru.

5. Hindari biaya instalasi saluran udara yang mahal

Bahkan di rumah yang sudah memiliki saluran udara, tambahan berarti bahwa modifikasi harus dilakukan. Mengubah saluran udara yang sudah ada mahal dan memakan waktu, dan dapat memicu upgrade yang mahal ke seluruh sistem HVAC jika kelebihan beban menjadi perhatian.

Begitu pula, menginstal saluran udara di rumah yang belum memiliki saluran udara lebih merupakan investasi dalam hal waktu dan uang. Sistem HVAC tanpa saluran udara adalah salah satu pilihan terbaik Anda untuk pengendalian suhu yang disesuaikan di ruangan tambahan, terutama ketika Anda menginginkan opsi yang efisien energi yang akan mengurangi biaya energi dan polutan.

Proses Instalasi HVAC Tanpa Saluran Mini Split

Berbeda dengan sistem HVAC yang memerlukan instalasi saluran udara dan area khusus untuk menyimpan unit pusat, sistem mini-split dapat dipasang dengan cepat dengan ruang lebih sedikit dan fleksibilitas lebih besar.

Setelah berbicara dengan dealer Trane yang sah dan menentukan unit mini-split mana yang terbaik untuk memanaskan dan mendinginkan tambahan baru Anda, langkah pertama dari proses instalasi biasanya melibatkan pemasangan unit dalam.

Unit dalam tanpa saluran ini hadir dalam berbagai gaya, termasuk unit dinding tinggi, desain tersembunyi dan kaset, dan unit lantai/langit-langit dan konsol. Anda dapat memilih unit dalam Anda berdasarkan gaya, desain ruang, dan fitur yang diinginkan.

Setelah itu, unit dalam AC tanpa saluran atau unit HVAC ganda ini terhubung ke kompresor luar dengan kabel listrik dan saluran pendingin. Ini dilakukan dengan menggunakan lubang kecil di dinding, sehingga proses ini cepat dan tidak invasif.

Setelah itu, unit luar dipasang di dinding luar atau alas beton. Setelah langkah ini selesai, teknisi HVAC Anda akan memastikan sistem berfungsi di beberapa ruangan. Seluruh proses berjalan cepat, dan sistem pemanasan atau pendinginan tanpa saluran dapat beroperasi di tambahan Anda dalam beberapa jam.

diposting: acjakarta: service ac jakarta pusat